PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah Penelitian
Dewasa
ini indonesia bisa dikatakan menjadi negara yang cukup pesat pada bidang bisnis
baik bergerak dibidang jasa maupun dagang. Namun tidak boleh dilupakan semakin
banyak usaha yang ada semakin ketat atau banyak pula persaingan yang terjadi. Tujuan utama perusahaan adalah memperoleh
keuntungan, apabila perusahaan menjual jasa dengan harga yang lebih tinggi.
Oleh
karena itu, produsen perlu melakukan kegiatan peramalan penjualan untuk
mengetahui apakah penjualan akan barang dapat terjual seoptimal mungkin, serta
untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan sehingga dapat mencapai suatu
keuntungan. Karena dalam hal ini peramalan penjualan merupakan pendekatan yang
berbasis dengan memperhitungkan resiko yang mungkin akan terjadi dimasa yang
akan datang. Karena penjualan
adalah salah satu kegiatan yang tidak dapat di ukur kepastiannya
Salah satu dari usaha yang
ada di Indonesia ialah penjualaan pakaian. Salah satu usaha yang cukup
berkembang adalah usaha konveksi pakaian baik pakaian wanita maupun pria. Pakaian
merupakan kebutuhan manusia yang penting. Semua orang pasti membutuhkan pakaian
baik untuk berpergian , kerja , ataupun untuk di rumah. Oleh sebab itu usaha
pakaian ini juga banyak permintaan nya dan bahkan tidak sepi pada permintaan
konsumen , dari pakaian yang murah sampai pakaian yang mahal dengan brand
terkenal.Dari uraian-uraian tersebut, dan mengingat
pentingnya peramalan penjualan oleh produsen Pakaian untuk membuat keputusan dimasa yang akan
datang, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “ PERAMALAN PENJUALAN SERAGAM PADA KONVEKSI JEDRICO
“
1.2
Rumusan
dan Batasan Masalah
1.2.1
Rumusan Masalah
Dari penjelasan diatas, maka penulis merumuskan masalah
1. Bagaimana
peramalan penjualan terhadap Seragam
Pada Konveksi Jedrico dengan menggunakan metode Moving Average (MA), Weight Moving Average
(WMA), Exponential Smoothing (ES), Mean Absolute Devisiasion (MAD)?
2. Dari
ketiga metode tersebut, metode manakah yang tepat untuk Konveksi Jedrico ?
1.2.2
Batasan Masalah
Penulis
hanya membatasi masalah pada peramalan penjualan produk Seragam pada bulan Mei 2013-Mei
2014, dimana data tersebut dijadikan sumber data perhitungan dan dasar perhitungannya.
1.3
Tujuan Penelitian
Penelitian ini
bertujuan untuk :
1.
Mengetahui Bagaimana peramalan penjualan
terhadap Seragam Pada
Konveksi Jedrico dengan menggunakan metode Moving Average (MA), Weight Moving Average
(WMA), Exponential Smoothing (ES),Mean Absolute Devisiasion (MAD),
2.
Untuk mengetahui metode mana yang lebih
tepat untuk peramalan penjualan Seragam Pada Konveksi Jedrico.
1.4 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dengan di adakannya
penelitian ilmiah ini adalah:
1. Bagi Penulis
1. Sebagai bentuk
pengembangan ilmu serta wawasan tentang penerapan teori pada kehidupan nyata.
2.
Sebagai
pengalaman yang di harapkan dapat berguna dimasa yang akan datang bila
berkecimpung dalam dunia kerja.
2.
Bagi
Universitas
1. Sebagai pertimbangan referensi bagi mahasiswa Gunadarma
Fakultas Ekonomi yang menyusun penulisan ilmiah.
2. Sumber informasi bagi mahasiswa Gunadarma pada
umumnya, dan mahasiswa Gunadarma Fakultas Ekonomi pada khususnya.
3.
Bagi
Perusahaan
1. Sebagai pertimbangan bagi manajemen perusahaan
untuk membuat keputusan-keputusan mengenai aspek-aspek strategis.
2. Sebagai masukan atau
sumber informasi untuk memperbaiki kualitas produk serta pelayanan yang
diberikan kepada konsumen.
1.5 Metode Penelitian
1.5.1
Objek
Penelitian
Objek penelitian ini adalah Seragam Pada Konveksi Jedrico.
1.5.2 Data/Variabel
Dalam penelitian ini, menggunakan data penjualan Seragam setiap bulannya pada konveksi
Jedrico selama 13 bulan berturut-turut yaitu dari bulan Mei 2013 s/d Mei 2014.
1.5.2
Metode
Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang penulis gunakan, yaitu
:
a. Wawancara
Yaitu dengan tanya jawab dengan karyawan konveksi
Jedrico.
b. Observasi
Yaitu dengan mengadakan pengamatan secara langsung
ke tempat yang akan diteliti untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh
toko.
c. Studi
Pustaka
Yaitu dengan metode pengumpulan data dengan cara
membaca dan memahami buku-buku yang berkaitan dengan peramalan penjualan dengan
menggunakan metode rata-rata bergerak (Moving
Average), rata-rata bergerak tertimbang (Weight Moving Averege), metode peramalan rata-rata bergerak yang
melakukan penimbangan terhadap data masa lalu (Exponential Smoothing), serta mengukur tingkat kesalahan peramalan
(Mean Absolute Deviasion).
1.5.4 Alat Analisis yang digunakan
Alat analisis yang digunakan dalam penulisan ilmiah
ini untuk memecahkan masalah dengan menggunakan peramalan kuantitatif, yaitu
1.
Metode
Moving Average (MA)
Adalah suatu metode peramalan
dengan mengkombinasikan data dari beberapa periode terbaru atau terakhir.

Ʃ Periode (n) yang digunakan dalam
moving average
2.
Metode
Weight Moving Average (WMA)
Adalah suatu metode peramalan yang
cara perhitungannya hampir sama dengan MA, hanya berbeda pada adanya penambahan
bobot pada tiap data.
Rumus WMA
= (Wt * Xt) + (Wt–1 * Xt–1) + (Wt–2 * Xt–2) +…
3. Metode Exponential Smoothing (ES)
Adalah suatu periode peramalan
rata-rata bergerak yang melakukan penimbangan terhadap data masa lalu dengan
cara exponential.
Rumus ES
= Ft = {Ft–1 + α (At-1 – Ft–1)}
4.
Kesalahan
Peramalan (MAD)
Mean
Absolute Deviasion (MAD), untukmencari selisih antara
permintaan nyata dan ramalan dengan tingkat rata-rata kesalahan selama
meramalkan.

N
- n
LANDASAN
TEORI
Kerangka
Teori
Dalam
kerangka teori ini , penulis menjelaskan tentang pengertian peramalan, kegunaan
peramalan penjualan, metode-metode peramalan, jenis-jenis dari peramalan,
proses peramalan, tahap-tahap peramalan, teknik untuk mebuat peramalan, teknik
dasar peramalan, pengertian metode Moving
Average (MA), Weight Moving Average (WMA), Exponential Smoothing (ES), Mean
Absolute Devisiasion (MAD), dan kajian penelitian sejenis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar